Breaking News
Loading...
Tuesday, October 14, 2014

Wisata Alam Air Terjun Moramo Kendari-Sulawesi Tenggara

1:37 AM



Persembahan Alam Air Terjun Moramo KendariTak ada penyesalan bagi kami datang di tempat yang begitu indah ini yaitu air terjun moramo. Meskipun kami harus menempuhnya dengan berjalan kaki untuk mencapai air terjun tersebut yang jauhnya sekita 2 kilo meter dari pintu masuk, tetapi bersama dengan teman-teman itu adalah perjalanan wisata yang sangat mengesankan.
Saya dan teman-teman di Air terjun moramo
Baca juga: Air terjun terindah di Indonesia

Air terjun moramo di temukan pada tahun 1980 oleh transmigran jawa saat sedang memasang jerat anoa. Setelah itu pada tahun 1989 di buatlah jalan untuk mencapai air terjun tersebut dan pada tahun 1990 mulailah air terjun ini dijadikan sebagai obyek wisata. Pemduduknya merupakan wargat transmigran jawa dan bali. 

Air terjun moramo ini terletak di kawasan suaka alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Jarak perjalanan yang harus di tempuh adalah 60 km dari kota Kendari.

Pintu masuk menuju air terjun morama
Air terjun moramo ini memiliki luas sekitar 38. 937 hektar. Ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter dengan bentuk bertingkat-tingkat. Kawasan ini memiliki keindahan panorama alam yang menyejukkan dengan flora dan fauna di dalamnya. Selain flora dan fauna, area ini memiliki marmer yang diperkirakan mencapai 860 miliar meter kubik. Kandungan marmernya merupakan kawasan yang terkaya di dunia. 
Anda pasti penasaran dari mana aliran air terjun ini berasal? Ya, alirannya berasal dari sungai biskori yang berhulu di pegunungan tambolosu yang mana di manfaatkan oleh masyarakat untuk mengairi persawahan mereka. Air terjun ini mengalir dengan deras diantara melalui batu granit yang tingginya antara 0,5 – 3 meter yang tersusu dan terbentuk selama ribuan tahun.
Air terjun moramo ini memiliki undakan terdiri dari 7 buah undakan dan 60 undakan kecil. Di antaranya menyerupai kolam, maka kami pun dapat berenang atau berendam di tempat ini meskipun kedalamannya hanya sekitar 1 meter dan ini sudah cukup dalam.

jembatan gantung menuju air terjun moramoKarena airnya yang sejuk tak heran kalau bidadaripun singgah untuk mandi, itu menurut kepercayaan warga sekitar. Jika anda ingin mencapai tingkatan tersebut, coba saja karena anda berpijak dengan aman tanpa takut licin sebab marmer yang dialiri air itu aman dan tidak ada lumut. Karena moramo merupakan area yang memiliki batuan kapur yang mana airnya mengandung sulfur dan alkali sehingga tidak ada lumut yang tumbuh.


Bagi anda yang datang di kota kendari, jangan lewatkan untuk berwisata ketempat ini karena anda akan merasakan keindahan alam yang begitu menakjubkan dan ini juga cocok bagi anda yang membutuhkan keheningan menjauh dari keramaian untuk meskipun hanya sejenak itu sudak cukup merelaksasi fikiran dan tubuh anda.

DI tengah perjalanan menuju air terjun moramo
Tangga Masuk air terjun moramo









Gazebo tempat wisatawan bersantai














0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer