Breaking News
Loading...
Wednesday, December 10, 2014

Sate Pokea Kuliner Khas Kendari Sulawesi Tenggara

6:52 PM


Sate Pokea Kuliner Khas Kendari Sulawesi Tenggara
Pokea adalah bahasa setempat yang berarti kerang dan merupakan hewan endemik di Sulawesi Tenggara. Hewan yang berasal dari famili cubicula dengan jenis batissa veolacea celebensis ini hanya hidup di Sungai Pohara, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Sungai Pohara banyak menyimpan kekayaan alam, beberapa di antaranya dijadikan sandaran hidup masyarakat sekitarnya, seperti menambang pasir dan menangkap pokea. Khusus untuk pokea, masyarakat sekitar sengaja menangkapnya karena banyak diburu oleh para pengusaha kuliner sebagai bahan baku pembuatan Sate Pokea. Pokea atau kerang yang masih ada kulitnya dijual dengan harga Rp. 5.000,00 per mangkok (0,5 liter), sedangkan kerang tanpa kulit dijual dengan harga Rp. 10.000,00 per mangkok.

Mungkin biasanya Kalau sate yang biasa traveler temui menggunakan daging sapi, kambing, atau ayam. Di Kendari ada yang berbeda, namanya sate pokea. Sate Pokea terdiri dari daging kerang yang diberi bumbu agak pedas manis, biasanya disantap bersama sejenis lemper tanpa isi yang dibakar da dikukus, dikenal dengan nama gogos. Dalam satu porsi terdapat 6 tusuk sate yang disajikan dengan bumbu kacang. Sate ini biasa dijajakan secara berkeliling di sekitar pantai. Traveler juga dapat menemukannya di warung sate pokea.

kandungan gizi Pokea

Pokea dikenal sebagai salah satu jenis kerang-kerangan yang mengandung kadar gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi pokea, antara lain kalori (59,00 kal), protein (8,00 gram), lemak (1,10 gram), karbohidrat (3,60 gram), kalsium (133,00 mg), fosfor (170,00 mg), zat besi (1,10 mg) vitamin A (300,00 S.I), vitamin B (,01 mg), dan kandungan air (85,00 mg). Selain itu, daging pokea juga mengandung suatu zat yang dapat membantu memperlancar kerja hati dalam tubuh manusia. Ekstrak daging kerang juga efektif sebagai obat anti rematik dan penyakit radang sendi.

Warung makan yang menyajikan Sate Pokea dapat ditemukan di Desa Pohara, Kecamatan Bondoala, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa Pohara terletak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Kendari. Desa ini dapat diakses dengan melalui jalur darat dengan menggunakan bus jurusan Kota Kendari-Kota Unaaha, ibukota Kabupaten Konawe. 
Perjalanan dari Kota Kendari ke Kota Unaaha dapat ditempuh sekitar 1 jam. Dari Kota Unaaha, Anda kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota jurusan Desa Pohara. 










sumber referensi:

www. Indonesiawonder.com

1 comments:

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

    ReplyDelete

 
Toggle Footer